Rp 3,5 Triliun untuk Seorang Kaka!

Duit di kantong Manchester City bisa jadi setara dengan sebuah negara. Klub yang dimiliki Sheikh Mansour dari Abu Dhabi ini melipatgandakan tawarannya senilai 3,5 triliun Rupiah demi memboyong seorang Kaka dari AC Milan!

Tawaran Rp 3,5 triliun (248 juta Pounds) yang cukup membiayai hidup orang sekampung selama seumur hidup itu, terdiri dari beberapa bagian. AC Milan bakal kebagian 100 juta Pounds, sementara Kaka bakal ketiban duit 82 juta Pounds yang semakin membuat rekening di banknya menggunung. Para makelar kelas kakap dan agen bola juga kecipratan 31 juta Pounds dan sisanya untuk fee transfer.

Duit Rp 3,5 triliun untuk seorang pemain bola? Bukan main...

Duit Rp 3,5 triliun untuk seorang pemain bola? Bukan main...

Negosiasi kini masih dikejar antara Manchester City, AC Milan dan tentu pihak Kaka. Secara tersirat, AC Milan memang sangat tergoda dengan tawaran menggiurkan ini. Namun, demi menghormati pemain yang dipuja-puji di San Siro itu, jawaban Kaka juga ikut menentukan. Apakah ingin berlaga di kerasnya liga Inggris atau ingin berkarir hingga tua di AC Milan.

Sementara, midfielder Arsenal, Cesc Fabregas yang kini masih dibangkucadangkan karena cidera lutut parah, ikut urun komentar. Menurutnya, tumpukan duit setinggi langit itu tak menjamin Manchester City langsung menuai sukses di Inggris dan Eropa.

“Klub sepakbola tak cukup dibangun dengan rekening bank yang bejibun. Uang bukan yang terpenting di sepakbola dengan terburu-buru menggaet bintang sepakbola termahal,” saran Fabregas.

“Tim yang solid bisa terbentuk secara alami dan mengambil jalan pintas dengan menggelontorkan uang laksana pisau bermata dua. Jika Manchester City dengan uang itu mampu membangun tim yang solid, mereka akan menjadi tim yang sangat berbahaya. Tapi hati-hati, membangun tim solid tidak bisa dengan sulapan.” pungkas Fabregas.