Piala Carling: Main Loyo, MU Dihajar Derbi 0-1

kris-commons-kDiakui bermain buruk oleh sang pelatih Sir Alex Ferguson, Manchester United dihajar Derby County 0-1 oleh gol Cris Commons di leg pertama Piala Carling di Pride Park. Berbekal kemenangan ini, Derby siap menyongsong MU di leg kedua dalam 2 minggu ini.

Pelatih gres Derby, Nigel Clough tampak sumringat menyaksikan anak asuhnya tampil gegap gempita mengurung pertahanan MU yang kali ini cenderung menurunkan pemain mudanya. Walau sederet peluang mampu diciptakan Derby, cukup 1 gol untuk memastikan kemenangan the Rams atas tim Setan Merah itu.

The Rams langsung menekan jantung pertahanan MU begitu peluit wasit dibunyikan di babak pertama. Bahkan nyaris membobol dua kali gawang MU di menit-menit awal itu. Untungnya Nemanja Vidic mampu menyapu bersih daerahnya saat penyerang Derby, Steve Davies menyongsong bola dari arah tengah. Tendangan Davies mampu diblok Tomasz Kuszczak di menit ke delapan. Dua menit berselang, Jonny Evans dengan tendangan voli berhasil mengusir bola serang Mile Sterjovski.

Kris Commons, sang pencetak gol kemenangan Derby atas MU

Kris Commons, sang pencetak gol kemenangan Derby atas MU

Paul Green menghadang bola John O’Shea setelah MU berhasil menemukan pola permainannya di menit ke 27. Tapi justru the Rams yang menjebol gawang MU di menit ke 30. Berawal dari passing Sterjovski melebar ke arah kanan dan disambut Kris Commons. Saat pemain MU mundur ke belakang, Commons melontarkan tendangan drive ke pojok kiri gawang MU yang gagal dijangkau Kuszczak.

Tak mau tertinggal, MU menumpukan serangannya ke Paul Scholes namun berulang kali gagal merobek pertahanan Derby. Bahkan kiper Derby, Roy Carroll cenderung santai di laga ini.

Ferguson baru memasukkan duet Rooney dan Cristiano Ronaldo di menit ke 63 yang menggantikan duo Danny Welbeck dan Paul Scholes. Serangan MU memang lebih hidup dan penyerang asal Portugal, Cristiano Ronaldo mampu menarik rekannya agar bermain lebih ke depan.

CR7 mencoba peruntungannya dengan men-drive bola ke arah sisi kiri kiper Carroll dari kotak penalti, sayang dengan gampang bola mampu diantisipasi. Percobaan keduanya dari tendangan bebas tepat di luar kotak penalti, tapi kembali menemui tembok tebal pertahanan Derby.

Mau tak mau, akhirnya MU menyerah 0-1 dari Derby hingga wasit menyudahi laga ini.