Gagal Boyong Kaka, Manchester City Bajak De Jong

Manchester City berhasil menggaet Nigel de Jong dari klub Bundesliga, Hamburg. Pemain berusia 24 tahun itu diikat selama 2,5 tahun setelah melakoni uji kesehatan. Berapa nilai transfernya? 19 juta Pounds, padahal harga De Jong sebenarnya hanya 2,3 juta Pounds!

nigel-de-jong1De Jong sudah bisa memamerkan debutnya bareng tim anyarnya itu di liga Inggris Rabu pekan depan saat Manchester City menantang Newcastle United.

Pemain timnas Belanda itu pernah mengalahkan Manchester City 1-0 saat ia masih berseragam Hamburg di HSH NOrdbank Arena Juli silam.

De Jong yang sudah memperkuat 29 laga di timnas Belanda, menjadi pemain kedua pekan ini yang diboyong ke City oleh pelatih Mark Hughes. Sebelumnya, striker Craig Bellamy sukses diboyong dari West Ham United. Sayangnya, mega transfer untuk membajak Kaka gagal total.

Midfielder itu bergabung ke Hamburg dari klub Belanda Ajax pada Januari 2006. Sebelum main dengan Ajax, ia juga pernah merumput bareng klub Belanda lain, Utrecht. Saat bermain di Bundesliga, sebagai pemain tengah ia mencetak dua gol.

Mahalnya nilai transfer de Jong ini menjadikannya pemain termahal yang hengkang dari Bundesliga. Padahal, jika Manchester City mau bersabar menunggu hingga bulan Mei nanti, harga de Jong hanya 2,3 juta Pounds seperti yang tertera dalam kontraknya.

Para petinggi Hamburg tak habis pikir dan girang luar biasa. Nigel de Jong hanya dibeli 1 juta Pounds dari Ajax Amsterdam, terjual dengan  harga 10 kali lipat dari seharusnya.

Apa yang sedang dilakukan petinggi Hamburg sekarang? Pesta pora menghamburkan duit hasil penjualan De Jong tentunya. Manchester City? Tak bakalan kehabisan uang. Sumber uang yang terus mengucur dari Sheikh Mansour dari Abu Dhabi masih cukup untuk terus menguber pemain bintang berharga selangit lainnya.